RPP PPKn Kelas XII SMA Semester 1 K13 Revisi 2018

RPP PPKn Kelas XII SMA Semester 1 K13 Revisi 2018 . Seiring telah diterbitkannya buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas XII jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) kurikulum 2013 (K13) edisi Revisi 2018, maka pastinya setiap guru yang mengajar di SMA khususnya mengampu mata pelajaran PPKn di kelas XII harus menyiapkan/ membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebelum proses belajar mengajar dimulai. Karena RPP ini adalah rancangan awal proses pembelajaran setiap guru yang mengajar di sekolah tidak hanya guru SMA saja, namun mulai dari guru SD, SMP hingga SMA pun semuanya juga harus memiliki perangkat mengajar salah satunya adalah RPP ini. 

Download RPP PPKn Kelas XII SMA Semester 1 (Ganjil) K13 Revisi 2018. Pada artikel ini sengaja telah kami bagikan file contoh RPP PPKn untuk Kelas XII SMA Semester 1. Untuk membantu para guru yang telah mengajar di sekolah jenjang SMA. Dimana RPP yang telah kami buat ini adalah file RPP yang berbentuk microsoft word yang masih bisa diubah-ubah sesuai dengan nama sekolah dan guru yang telah mengajar. Jadi anda bisa langsung mengunduh filenya dan kemudian mencocokkan sesuai dengan pengajaran masing-masing di kelas atau menyesuaikan dengan format yang telah diminta oleh sekolah. Terkadang format dari masing-masing sekolah berbeda beda. Akan tetapi RPP yang telah kami buat ini sudah sesuai dengan format RPP yang telah ditetapkan. 
 Seiring telah diterbitkannya buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  RPP PPKn Kelas XII SMA Semester 1 K13 Revisi 2018

Berikut ini merupakan cuplikan isi dari RPP PPKN Kelas XII (12) SMA Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013 Revisi 2018.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMA/SMK …
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : XII / 1
Materi Pokok : Kasus-Kasus Pelanggaran Hak dan Pengingkaran Kewajiban dalam Perspektif Pancasila
Alokasi waktu : 8 x 45 menit

A. Kompetensi Inti 
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. 
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah. 
  4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.1  Menghargai perbedaan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka menghormatihak asasi manusia.
1.1.1 Menerima perbedaan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka menghormati hak asasi manusia.
1.1.2 Menghargai perbedaan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam rangka menghormati hak asasi manusia.
2.1 Bersikap responsive dan proaktif terhadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2.1.1 Memiliki sikap responsif dan proaktif terhadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
2.1.2 Bersikap responsif dan proaktif terhadap pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.1 Menganalisis nilai nilai Pancasila terkait dengan kasus-kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.1.1 Mengidentifikasi hakikat hak dan kewajiban warga negara.
3.1.2 Menganalisa substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai dasar Pancasila.
3.1.3 Menganalisa substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai instrumental Pancasila.
3.1.4 Menganalisa substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai praksis Pancasila.
3.1.3 Menganalisis faktor-faktor penyebab kasus pelanggaran hak warga negara.
3.1.5 Menganalisis contoh kasus pengingkaran kewajiban warga negara.
3.1.6 Menganalisis upaya penanganan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.
3.1.7 Menganalisis bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam pencegahan terjadinya pelanggaran hak dan kewajiban warga negara.
4.1 Menyaji hasil analisis nilai-nilai Pancasila terkait dengan kasus kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
1.1.1 Menalar hasil analisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara beserta solusinya sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
1.1.2 Menyaji hasil analisis kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara beserta solusinya sesuai dengan nilai nilai Pancasila.

C. Tujuan Pembelajaran 
Setelah mengikuti pembelajaran, diharapkan peserta didik dapat;
1. Mengidentifikasi hakikat hak dan kewajiban warga negara.
2. Menganalisa substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai dasar Pancasila.
3. Menganalisa substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai instrumental Pancasila.
4. Menganalisa substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai praksis Pancasila.
5. Menganalisis faktor-faktor penyebab kasus pelanggaran hak warga negara.
6. Menganalisis contoh kasus pengingkaran kewajiban warga negara.
7. Menganalisis upaya penanganan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.
8. Menganalisis bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam pencegahan terjadinya pelanggaran hak dan kewajiban warga negara.

D. Materi Pembelajaran 
Secara garis besar materi pembelajaran Bab 1 adalah sebagai berikut.
1. Makna hak dan kewajiban warga negara.
2. Substansi hak dan kewajiban warga negara dalam Pancasila.
a. Hak dan kewajiban warga negara dalam nilai dasar Pancasila.
b. Hak dan kewajiban warga negara dalam nilai instrumental Pancasila.
c. Hak dan kewajiban warga negara dalam nilai praksis Pancasila.

3. Kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.
a. Penyebab terjadinya pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.
b. Kasus pelanggaran hak warga negara.
c. Kasus pengingkaran kewajiban warga negara.

4. Penanganan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga.
a. Upaya pemerintah dalam penanganan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.
b. Membangun partisipasi masyarakat dalam pencegahan terjadinya pelanggaran hak dan kewajiban warga negara

E. Metode Pembelajaran 
Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan proses pembelajaran aktif menekankan pada Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), Literasi, Critical Thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication (4 C).

F. Media dan Bahan
1. Buku Paket
2. LKS
3. LCD Proyektor
4. Laptop

G. Sumber Belajar
Buku paket K13 revisi 2018

H. Langkah-langkah Pembelajaran 
1. Pertemuan Pertama 
a. Kegiatan Pendahuluan
1) Guru mempersiapkan kelas agar lebih kondusif dan menyenang kan untuk proses belajar-mengajar, kerapian dan kebersihan ruang kelas(PPK), presensi (kehadiran, agenda kegiatan) media, alat dan buku yang diperlukan.
2) Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa sesuai dengan agamanya masing-masing. (PPK)
3) Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan.
5) Menyampaikan teknis pembelajaran pada pertemuan pertama yaitu melalui diskusi kelompok.

b. Kegiatan Inti
1) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing berjumlah 5 – 6 orang.
2) Siswa membaca Buku Teks PPKn Kelas XII Bab 1, diawali dengan membaca wacana yang berjudul Mendagri: Partisipasi Pilpres 70 Persen Sudah Luar Biasa. (Literasi) Selanjutnya, secara berkelompok berdiskusi menganalisis wacana tersebut dengan menjawab pertanyaan yang terdapat pada wacana tersebut.
3) Siswa selanjutnya membaca Subbab A tentang makna hak dan kewajiban warga negara, mencatat hal-hal penting. Guru dapat menambahkan penjelasan terkait dengan wacana tersebut dengan berbagai fakta baru yang berhubungan dengan hakikat hak dan kewajiban warga negara.
4) Siswa mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui tentang hakikat hak dan kewajiban warga negara. (Critical Thinking)
5) Siswa mengajukan pertanyaan tentang makna hak dan kewajiban warga negara. (Communication)
6) Siswa merumuskan hipotesis, yakni pernyataan (statemen) sebagai jawaban sementara atas pertanyaan yang telah disusun. Kompetensi yang dikembangkan adalah kreativitas, rasa ingin tahu dan kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis. (Critical Thinking)
7) Siswa mencari informasi lanjutan dengan membaca berbagai sumber lain yang relevan baik dari buku, internet; web, maupun media sosial lainnya untuk menjawab pertanyaan atau membuktikan benar atau tidaknya hipotesis. (Literasi dan Collaboration)
8) Mengumpulkan informasi untuk menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan wacana Mendagri: Partisipasi Pilpres 70 Persen Sudah Luar Biasa dan Tugas Mandiri 1.1.
9) Peran guru dalam langkah tahap ini adalah sebagai berikut.
a) Menyediakan berbagai sumber belajar seperti buku referensi lain.
b) Guru dapat juga menunjukkan buku atau sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan.
10) Berdiskusi dalam kelompoknya untuk mendapatkan pendalaman pemahaman materi, menganalisis dan menyimpulkan informasi yang didapat. Menyusun hasil diskusi dalam bentuk laporan tertulis dan bahan presentasi. Laporan disusun secara kelompok dan dikumpulkan pada akhir pertemuan ini. (Critical Thinking)
11) Guru meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya secara bergantian. Masalah yang dipresentasikan adalah jawaban atas pertanyaan yang terdapat pada wacana ”Mendagri: Partisipasi Pilpres 70 Persen Sudah Luar Biasa”. Hasil diskusi kelompok tentang pertanyaan yang telah disusun berkaitan dengan materi subbab A, dan presentasi Tugas Mandiri 1.1 (Communication)
12) Pada saat kelompok tertentu mempresentasikan hasil diskusinya, kelompok lain diminta untuk memperhatikan dan mengajukan pertanyaan atau memberikan kritik dan masukan. (Critical Thinking)
13) Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil presentasi setiap kelompok. Hasil diskusi kelompok dikumpulkan untuk mendapatkan penilaian dari guru.

c. Kegiatan Penutup
1) Guru dan siswa membuat rangkuman atau simpulan kompetensi yang telah dipelajari.
2) Guru dan siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3) Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil belajar.
4) Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan kedua.
5) Guru dan siswa menutup pelajaran dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pembelajaran berlangsung lancar dan tertib. (PPK)

2. Pertemuan Kedua
a. Pendahuluan
Kegiatan Pendahuluan
1) Guru mempersiapkan suasana belajar yang menyenangkan.
2) Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa sesuai denganagamanya masing-masing. (PPK)
3) Guru menyampaikan indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
4) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi, yaitu substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai dasar Pancasila.
5) Guru menyampaikan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu diskusi kelompok

b. Kegiatan Inti
1) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing berjumlah 5–6 orang.
2) Siswa diminta untuk mengamati dengan membaca Bab 1, Subbab B: materi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai dasar Pancasila. (Literasi)
3) Guru memberikan informasi tambahan terkait dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam Pancasila.
4) Guru memberikan stimulasi dengan mengajukan pertanyaan pertanyaan yang dapat menghadapkan siswa pada kondisi internal yang mendorong eksplorasi.
5) Siswa secara kelompok mengidentifikasi sekaligus mencatat pertanyaan yang ingin diketahui berkaitan dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam Pancasila. Guru membimbing dan terus mendorong siswa untuk terus menggali rasa ingin tahu dengan mengisi daftar pertanyaan sebagai berikut: (Critical Thinking)
6) Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan Indikator Pencapaian Kompetensi. Guru mengamati keterampilan siswa secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan.
7) Siswa mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang disusun dengan membaca dari berbagai sumber lain yang relevan, media massa, internet, web atau media sosial lainnya, dan mengumpulkan informasi untuk mengerjakan Tugas Mandiri 1.2, yaitu mengidentifikasi jenis hak dan kewajiban warga negara yang terkait dengan nilai dasar Pancasila. (Collaboration)
8) Peran guru dalam kegiatan ini adalah;
a) Menyediakan berbagai sumber belajar seperti buku teks siswa dan buku referensi lain.
b) Menjadi sumber belajar bagi siswa dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan jawaban pertanyaan kelompok yang tidak terjawab.
c) Menunjukkan buku atau sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan.
9) Siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk mendapatkan pendalaman pemahaman materi, menganalisis dan menyimpulkan informasi yang didapat terkait dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam dalam nilai dasar Pancasila, serta menyusun laporan secara tertulis. (Critical Thinking, Collaboration)
10) Siswa menyusun laporan hasil analisisnya. Laporan disusun secara kelompok dan individu untuk dikumpulkan pada akhir pertemuan ini. (Critical Thinking, Collaboration)
11) Siswa secara acak (2–3 orang) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Siswa yang lain diminta untuk menanggapi atau melengkapi hasil presentasi tersebut (Communication). Guru memberikan konfirmasi/penguatan atas jawaban siswa.

c. Kegiatan Penutup
1) Siswa melakukan refleksi dan menyimpulkan materi yang telah dibahas pada pertemuan ini.
2) Guru menyampaikan informasi kegiatan untuk pertemuan berikutnya
3) Guru dan siswa menutup kegiatan dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan lancar. (PPK)

3. Pertemuan Ketiga
a. Pendahuluan
1) Guru mempersiapkan suasana belajar yang menyenangkan.
2) Guru meminta salah siswa untuk memimpin doa sesuai dengan agamanya masing-masing. (PPK)
3) Guru mendiskusikan materi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya yaitu tentang substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai dasar Pancasila dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari.
4) Guru mendiskusikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
5) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan di lakukan

b. Kegiatan Inti
Kegiatan Inti
1) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing berjumlah 5 – 6 orang.
2) Siswa diminta untuk mengamati dengan membaca Bab 1, Subbab B: Materi tentang subtansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai instrumental Pancasila. (Literasi)
3) Guru memberikan informasi tambahan terkait dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai instrumental Pancasila.
4) Guru memberikan stimulasi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat menghadapkan siswa pada kondisi internal yang mendorong eksplorasi. (Critical Thinking)
5) Siswa secara kelompok mengidentifikasi sekaligus mencatat pertanyaan yang ingin diketahui berkaitan dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai instrumental Pancasila. (Critical Thinking) Guru membimbing dan terus mendorong siswa untuk terus menggali rasa ingin tahu dengan mengisi daftar pertanyaan sebagai berikut :
1. …….
2……..
3……..
Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan Indikator Pencapaian Kompetensi.
6) Guru mengamati keterampilan siswa secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan.
7) Siswa mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang disusun dengan membaca dari berbagai sumber lain yang relevan, media massa, internet, web atau media sosial lainnya. Siswa juga mengumpulkan informasi untuk mengerjakan Tugas Mandiri 1.3. yaitu mengidentifikasi perwujudan hak dan kewajiban-kewajiban warga negara yang diatur dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. (Collaboration, Literasi, Creativity)
8) Peran guru dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut.
a) Menyediakan berbagai sumber belajar seperti buku teks siswa dan buku referensi lain.
b) Menjadi sumber belajar bagi siswa dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan jawaban pertanyaan kelompok yang tidak terjawab.
c) Menunjukkan buku atau sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan.
9) Siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk mendapatkan pendalaman pemahaman materi, menganalisis dan menyimpulkan informasi yang didapat terkait dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai instrumental Pancasila, serta menyusun laporan secara tertulis. (PPK, Collaboration, Critical Thinking)
10) Siswa secara bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Siswa dari kelompok lain diminta untuk mengajukan pertanyaan atau memberikan masukan. (Communication)
11) Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil presentasi setiap kelompok. Masing-masing kelompok memperbaiki hasil presentasinya berdasarkan masukan dari kelompok lain. Hasil diskusi kelompok dikumpulkan untuk mendapatkan penilaian.(PPK)

c. Kegiatan Penutup
1) Siswa melakukan refleksi dan menyimpulkan materi yang telah dibahas pada pertemuan ketiga.
2) Guru menyampaikan informasi kegiatan untuk pertemuan berikutnya yaitu hak dan kewajiban warga negara dalam nilai praksis Pancasila.
3) Guru dan siswa menutup kegiatan dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan  lancar.(PPK)

4. Pertemuan Keempat
a. Pendahuluan
1) Guru mempersiapkan suasana belajar yang menyenangkan.
2) Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa sesuai dengan agamanya masing-masing. (PPK)
3) Guru mendiskusikan materi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya yaitu tentang substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai instrumental Pancasila dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari yaitu substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai praksis Pancasila.
4) Guru mendiskusikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.
5) Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan

b. Kegiatan Inti
1) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok masing-masing berjumlah 5–6 orang.
2) Siswa diminta untuk mengamati dengan membaca Bab 1, Subbab B materi substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai praksis sila-sila Pancasila. (Literasi)
3) Guru memberikan informasi tambahan terkait dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai praksis Pancasila.
4) Guru memberikan stimulasi dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat menghadapkan siswa pada kondisi internal yang mendorong eksplorasi.
5) Siswa secara kelompok mengidentifikasi sekaligus mencatat pertanyaan yang ingin diketahui berkaitan dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam nilai praksis Pancasila. (Critical Thinking) Guru membimbing dan terus mendorong siswa untuk terus menggali rasa ingin tahu dengan mengisi daftar pertanyaan sebagai berikut
1......., 2......... 3............
6) Guru memberi motivasi dan penghargaan bagi kelompok yang menyusun pertanyaan terbanyak dan sesuai dengan Indikator Pencapaian Kompetensi.
7) Guru mengamati keterampilan siswa secara perorangan dan kelompok dalam menyusun pertanyaan. (Creativity)
8) Siswa mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang disusun dengan membaca dari berbagai sumber lain yang relevan, media massa, internet, web atau media sosial lainnya. (Literasi, Collaboration)
9) Peran guru dalam kegiatan ini adalah;
a) Menyediakan berbagai sumber belajar seperti buku teks siswa dan buku referensi lain.
b) Menjadi sumber belajar bagi siswa dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan jawaban pertanyaan kelompok yang tidak terjawab.
c) Menunjukkan buku atau sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan.
10) Siswa berdiskusi dalam kelompoknya untuk mendapatkan pendalaman pemahaman materi, menganalisis dan menyimpulkan informasi yang didapat terkait dengan substansi hak dan kewajiban warga negara dalam dalam nilai praksis Pancasila, serta menyusun laporan secara tertulis. (Literasi, Collaboration, Critical Thinking)
11) Siswa secara bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya. Siswa dari kelompok lain memberikan tanggapan atas hasil presentasi dari kelompok penyaji. (Communication)
12) Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil presentasi setiap kelompok.  Hasil diskusi kelompok dikumpulkan untuk mendapatkan penilaian.

c. Kegiatan Penutup
1) Siswa melakukan refleksi dan menyimpulkan materi yang telah dibahas pada pertemuan ini.
2) Guru menyampaikan informasi kegiatan untuk pertemuan berikutnya yaitu akan membahas kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.
3) Guru dan siswa menutup kegiatan dengan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa pertemuan kali ini telah berlangsung dengan lancar. (PPK)

J. Penilaian 
1) Penilaian Sikap
2) Penilaia Pengetahuan
3)) Penialian Keterampilan

Untuk melihat secara lebih lengkapnya, anda bisa langsung mendownload file aslinya pada link download yang telah kami persiapkan di bawah ini, dan untuk membuka file .rar silahkan masukkan password di bawah ini;

password: www.SekolahSD.web.id

Link Download: 

Sumber http://www.arsipguru.web.id/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel