RPP PPKn Kelas VII SMP Semester 2 K13 Revisi 2017/2018
Thursday, November 1, 2018
Edit
RPP PPKn Kelas VII SMP Semester 2 K13 Revisi 2017/2018. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan File RPP PPKn Kelas VII (7) SMP untuk semester 2 / Genap. RPP ini biasanya dibuat oleh para guru yang mengajar di sekolah sebelum mereka mulai mengajar. Setiap kali memasuki awal semester, biasanya para guru mendapatkan tugas dari Sekolah untuk mengumpulkan RPP mereka. Kelengkapan Perangkat Pembelajaran salah satunya RPP adalah menjadi point tersendiri untuk guru yang mengajar, apalagi sekarang penilaian guru sangatlah ketat, sering ada pengawas yang datang ke sekolah untuk mengecek kelengkapan perangkat pembelajaran, salah satunya adalah RPP yang wajib dibuat oleh masing-masing guru mata pelajaran. Setiap guru mata pelajaran membuat RPP pada bidang mata pelajaran yang mereka ajarkan.
Download RPP PPKn Semester 2 Kelas VII (7) SMP Revisi 2017. Di dalam artikel ini telah kami sediakan link download untuk mengunduh file RPP yang berbentuk zip atau .rar sehingga anda terhindar dari virus dan software berbahaya pada saat proses pengunduhan. Namun, untuk membuka file tersebut, anda membutuhkan sebuah kata kunci atau password, dan passwordnya juga sudah kami sediakan pada artikel ini juga, jadi Anda tidak perlu repot mencari kata kunci atau passwordnya. Ingatlah, sebelum mendownload ada baiknya anda catat password untuk membuka file tersebut.
Dibawah ini kami akan berikan cuplikan isi dari RPP PPKn Semester 2 Kelas VII (7) SMP Revisi 2017, sehingga anda dapat mencocokkan apakah RPP ini sesuai dengan mata pelajan yang seharusnya anda ajarkan di sekolah masing-masing.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP …
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas / Semester : VII / Genap
Materi Pokok : Pembelajaran Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika
Alokasi waktu :
A. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
- KI. 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- KI. 2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- KI. 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- KI. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.4 Menghormati keberagaman norma-norma, suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai sesama ciptaan Tuhan.
2.4 Menghargai keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
3.4 Mengidentifikasi keberagaman suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.4 Mendemonstrasikan hasil identifikasi suku, agama, ras dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
Indikator
1.4.1 Bersyukur atas keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia.
1.4.2 Menghargai keberagaman norma, suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
2.4.1 Memiliki keinginan kuat untuk mempelajari keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
2.4.2 Memiliki sikap tidak membedakan teman yang berbeda suku, agama, dan ras.
3.4.1 Mendeskripsikan keberagaman masyarakat Indonesia.
3.4.2 Menganalisis factor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.
3.4.3 Mendeskripsikan keberagaman suku dalam masyarakat Indonesia.
3.4.4 Mendeskripsikan keberagaman ras dalam masyarakat Indonesia.
3.4.5 Menganalisis keberadaan antargolongan dalam masyarakat Indonesia.
3.4.6 Mendeskripsikan makna Bhinneka Tunggal Ika.
3.4.7 Menunjukkan arti penting keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.4.1 Menyusun laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
4.4.2 Menyajikan laporan hasil telaah keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan, peserta didik diharapkan dapat :
1. Setelah mempelajari ini, diharapkan peserta didik dapat:
2. Mendeskripsikan keberagaman masyarakat Indonesia.
3. Menganalisis factor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia.
4. Mendeskripsikan keberagaman suku dalam masyarakat Indonesia.
5. Mendeskripsikan keberagaman ras dalam masyarakat Indonesia.
6. Menganalisis keberadaan antargolongan dalam masyarakat Indonesia.
7. Mendeskripsikan makna Bhinneka Tunggal Ika.
D. Materi Pembelajaran
1. Keberagaman dalam Masyarakat Indonesia
a. Faktor Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia
Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan tersebut terutama dalam hal suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial-budaya, ekonomi, dan jenis kelamin. Keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa.
b. Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya
Keberagaman bangsa Indonesia, terutama terbentuk oleh jumlah suku bangsa yang mendiami wilayah Indonesia sangat banyak dan tersebar di mana-mana.
Setiap suku bangsa mempunyai ciri atau karakter tersendiri, baik dalam aspek sosial maupun budaya. Menurut penelitian Badan Pusat Statistik yang dilaksanakan tahun 2010, di Indonesia terdapat 1.128 suku bangsa. Antarsuku bangsa di Indonesia memiliki berbagai perbedaan dan itulah yang membentuk keanekaragaman di Indonesia.
c. Keberagaman Agama dan Kepercayaan
d. Keberagaman Ras
2. Arti Penting Memahami Keberagaman dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika
Keberagaman masyarakat Indonesia memiliki dampak positif sekaligus dampak negatif bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara. Dampak positif memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan, sedangkan dampak negatif mengakibatkan ketidakharmonisan bahkan kehancuran bangsa dan negara. Keberagaman suku bangsa, budaya, ras, agama, dan antargolongan menjadi daya tarik wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia. Kita tidak hanya memiliki keindahan alam, tetapi juga keindahan dalam keberagaman masyarakat Indonesia.
3. Perilaku Toleran terhadap Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan
Persatuan dan kesatuan di sebuah negara yang beragam dapat diciptakan salah satunya dengan perilaku masyarakat yang menghormati keberagaman bangsa dalam wujud perilaku toleran terhadap keberagaman tersebut. Sikap toleransi berarti menahan diri, bersikap sabar, membiarkan orang berpendapat lain, dan berhati lapang terhadap orang-orang yang memiliki pendapat berbeda. Toleransi sejati didasarkan sikap hormat terhadap martabat manusia, hati nurani, dan keyakinan, serta keikhlasan sesama apa pun agama, suku, golongan, ideologi atau pandangannya.
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan umum : scientific
Metode : Problem based learning
F. Media dan Bahan
Media : Buku, Papan Tulis dan LCD Proyektor
Bahan : Buku Paket dan LKS
G. Sumber Belajar
a. Buku Paket K13
b. Referensi dari Internet
H. Langkah-langkah Pembelajaran
a. Pendahuluan
1. Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar.
2. Guru memberi motivasi dengan menyanyikan lagu daerah di Indonesia atau bermain permainan daerah.
3. Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab suku dan budaya di Indonesia, dan mengamati gambar keberagaman bangsa Indonesia.
4. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi yang akan dicapai.
5. Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran.
6. Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik.
b. Kegiatan Inti
1. Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok yang beranggotakan 4 siswa.
2. Guru memberi tugas dan materi yang berbeda untuk tiap anggota dalam kelompok.
3. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/subbab yang sama bertemu kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan subbab mereka.
4. Setelah selesai diskusi sebagian tim ahli, tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar/melaoporkan hasil diskusinya kepada teman satu tim mereka tentang subbab yang dibahas.
5. Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusinya.
6. Guru membimbing peserta didik menghubungkan berbagai informasi yang diperoleh, seperti berikut ini.
a. Hubungan suku dengan wilayah secara geografis.
b. Hubungan suku dengan budaya.
c. Persamaan dan perbedaan suku dan budaya.
7. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat.
Kegiatan Penutup
1. Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab secara klasikal
2. Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan dan menentukan tindakan yang akan dilakukan berkaitan keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat perumusan, dengan meminta peserta didik menjawab pertanyaan berikut ini.
a. Apa manfaat yang diperoleh dari mempelajari keberagaman suku dan budaya dalam masyarakat?
b. Apa sikap yang kalian peroleh dari proses pembelajaran yang telah dilakukan?
c. Apa manfaat yang diperoleh melalui proses pembelajaran yang telah dilakukan?
d. Apa rencana tindak lanjut akan kalian lakukan?
e. Apa sikap yang perlu dilakukan selanjutnya?
3. Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah kelompok.
4. Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi soal disusun guru sesuai indikator pencapaian kompetensi.
5. Guru menjelaskna materi pertemuan berikutnya dan tugas mempelajari materi Bab 4, Subbab A.
J. Penilaian
1. Penilaian Sikap
Penilaian sikap terhadap peserta didik dapat dilakukan selama proses belajar berlangsung. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dalam mengumpulkan data dari berbagai sumber berkaitan dengan kasus pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara serta tingkat perhatian peserta didik pada saat berdiskusi. Aspek yang dinilai adalah iman taqwa, rasa syukur, gotong royong, toleransi dan damai.
2. Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dilakukan dalam bentuk penugasan. Peserta didik dimnta untuk mengerjakan Tugas mandiri 1.1, Tugas Mandiri 1.2, Tugas Kelompok 1.1 dan Tugas Kelompok 1.2
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertana, kemampuan menjawab pertanyaan atau mempertahankan argumentasi kelompok, kemampuan dalam memberikan masukan/saran pada saat menyampaikan hasil telaah tentang HAM dalam Pancasila. Lembar penilaian penyajian dan laporan hasi tellah dapat menggunakan format di bawah ini, dengan ketentuan aspek penilaian dan rubriknya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi serta keperluan guru.
b. Remidial
Remedial dilaksanakan untuk peserta didik yang belum memahami keberagaman masyarakat Indonesia. Kegiatan remedial dilakukan dengan mengulang materi pembelajaran apabila peserta didik yang sudah tuntas di bawah 75%. Sedangkan apablai peserta didik yang sudah tuntas lebih dari 75% maka kegiatan remedial dapat dilakukan atara lain sebagai berikut.
1. Mengulang materi pokok di luar jam tatap muka bagi peserta didik yang belum tuntas
2. Memberikan penugasan kepada peserta didik yang belum tuntas
3. Memberikan kesempatan untuk tes perbaikan.
Perlu diperhatikan bahwa materi yang diulang atau dites kembali adalah materi pokok atau keterampilan yang berdasarkan analisis belum dikuasai oleh peserta didik. Kegiatan remedial bagi kompetensi sikap dilakukan dalam bentuk pembinaan secara holistis, yang melibatkan guru bimbingan konseling dan orang tua.
c. Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan diberikan kepada peserta didik yang telah menguasai materi memahami keberagaman masyarakat Indonesia. Bentuk pengayaan dapat dilakukan dengan antara lain sebagai berikut.
1. Guru memberikan tugas mempelajari lebih lanjut tentang materi pokok dari berbagai sumber dan mencatat hal-hal penting. Selanjutnya menyajikan dalam bentuk laporan tertulis atau membacakan di depan kelas.
2. Peserta didik membantu peserta didik lain yang belum tuntas dengan pembelajaran tutor sebaya.
……………..,…………………………
Mengetaui,
Kepala Sekolah … Guru Mata Pelajaran
_____________________ ______________________
NIP. … NIP. ….
Download Juga: Kumpulan RPP Kelas VII SMP Semester 2 2017/2018
*keterangan:
Demikianlah tadi beberapa cuplikan isi dari RPP PPKn Kelas VII SMP Semester 2 K13 Revisi 2017/2018 yang telah kami buat dan kami bagikan kepada para guru di seluruh Indonesia bahwa diluar juga. Untuk melihat versi lengkapnya Anda bisa langsung mendownloadnya pada link download yang sudah tersedia.
password: www.SekolahSD.web.id
Link Download:
Sumber http://www.arsipguru.web.id/