RPP IPA Kelas IX SMP Semester 1 K13 Revisi 2018
Wednesday, November 14, 2018
Edit
RPP IPA Kelas IX SMP Semester 1 K13 Revisi 2018. Pada kesempata ini kami akan membagikan RPP IPA Kelas IX / 9 (Sembilan) SMP Semester 1 (Ganjil) Kurikulum 2013 (K13) Edisi Revisi 2018. RPP IPA Terbaru ini menyesuaikan dengan buku K13 IPA revisi terbaru yaitu tahun 2018 yang baru tahun 2018 ini dikeluarkan oleh Kemendikbud. Untuk yang sebelumnya masih menggunakan buku K13 edisi yang pertama. Terdapat beberapa perbedaan materi dan juga alokasi waktu pembelajaran. Jadi, bagi anda yang termasuk guru SMP yang mengajar mata pelajaran IPA yang memiliki tugas membuat perangkat pembelajaran salah satunya RPP IPA, Anda bisa mengunduh file ini dan coba diedit atau ditambahi lagi sesuai dengan kondisi sekolah.
Download RPP IPA SMP Kelas 9 K13 2018/2019. Pada artikel ini telah kami sajikan cuplikan isi dari file Contoh RPP IPA yang telah kami buat. Anda juga bisa langsung mengunduh filenya pada link download yang tersedia pada halaman ini . Untuk mengekstrak file hasil download, anda bisa menggunaka password yang telah kami sediakan di bawah, Jadi mohon untuk teliti setelah mendownload file ini.
Berikut cuplikan isi dari File RPP IPA Kelas 9 SMP Semester 1 K13 Revisi 2018/2019;
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMP …
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IX/ 1
Materi Pokok : Sistem Reproduksi pada Manusia
Alokasi waktu : 15 jam
A. Kompetensi Inti
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
- Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
3.1 Menghubungkan sistem reproduksi pada manusia dan gangguan pada sistem reproduksi dengan penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi.
4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber terkait kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi.
Indikator
3.1.1 Mendeskripsikan fase-fase pembelahan mitosis dan meiosis.
3.1.2 Menjelaskan ciri setiap fase pembelahan mitosis dan meiosis.
3.1.3 Menjelaskan karakter atau sifat sel anakan hasil pembelahan mitosis dan meiosis
3.1.4 Mengidentifkasi organ-organ penyusun sistem reproduksi pada lakilaki dan perempuan.
3.1.5 Menjelaskan fungsi organ-organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan.
3.1.6 Mendeskripsikan manfaat berkhitan.
3.1.7 Menuliskan fungsi beberapa zat yang dihasilkan oleh kelenjar vesikula seminalis.
3.1.8 Mengidentifkasi proses pembentukan sperma (spermatogenesis) dan proses pembentukan sel telur (oogenesis).
3.1.9 Mendeskripsikan proses pembentukan sel telur (oogenesis).
3.1.10 Menerapkan konsep pembelahan meiosis pada proses spermatogenesis dan oogenesis.
3.1.11 Mendeskripsikan siklus menstruasi yang terjadi pada dinding rahim
3.1.12 Menjelaskan jenis dan fungsi hormon yang berperan pada siklus menstruasi.
3.1.13 Membuat grafk level hormon dalam siklus menstruasi.
3.1.14 Mendeskripsikan proses fertilisasi dan kehamilan.
3.1.15 Menjelaskan proses perkembangan janin selama dalam kandungan.
3.1.16 Mendeskripsikan fungsi cairan ketuban bagi janin.
3.1.17 Menjelaskan gaya dorong dan gaya gesek yang terjadi pada proses melahirkan.
3.1.18 Menjelaskan berbagai macam penyakit pada sistem reproduksi manusia.
3.1.19 Menjelaskan upaya pencegahan penyakit pada sistem reproduksi manusia.
4.1.1 Menyajikan laporan hasil studi tentang penyakit pada sistem reproduksi.
4.1.2 Membuat poster tentang upaya pencegahan dan penularan penyakit seksual.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran, diharapkan peserta didik dapat;
1. Memahami sistem reproduksi pada laki-laki dan perempuan
2. Mehamai manfaat berkhitan
3. Memahami proses pembentukan sel telur
4. Memahami proses perkembangan janin dalam kandungan
5. Memahami berbagai penyakit dalam sistem reproduksi dan cara mencegahnya
D. Materi Pembelajaran
1 Pembelahan sel
Pembelahan mitosis
Pembelahan meiosis
Pembentukan sel kelamin melalui pembelahan meiosis
2 Struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia
Organ reproduksi pada laki-laki
Struktur dan fungsi organ-organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki
Fungsi zat-zat yang dihasilkan oleh vesikula seminalis
Proses pembentukan sel sperma (spermatogenesis)
2 Struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia
Organ reproduksi pada perempuan
Struktur dan fungsi organ-organ penyusun sistem reproduksi pada perempuan
Proses pembentukan sel telur (oogenesis)
3 Struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia
Grafk level hormon dalam siklus menstruasi
Fertilisasi dan kehamilan
Tahap perkembangan embrio
Ultrasonograf (USG)
Fungsi cairan ketuban (sebagai antibakteri)
Gaya gesek dan gaya dorong yang terjadi pada saat melahirkan
Peristiwa bayi kembar
4 Penyakit pada sistem reproduksi manusia dan upaya pencegahannya
Penyakit pada sistem reproduksi manusia
Upaya pencegahan penyakit sistem reproduksi manusia
E. Metode Pembelajaran
Pada pembelajaran bab 1 tentang sistem reproduksi pada manusia guru dapat menerapkan model pembelajaran, Group Investigation (GI), discovery learning, atau pun Creative Problem Solving (CPS), dan model pembelajaran lain yang prosesnya berbasis scientifc approach.
F. Media dan Bahan
- Buku Paket
- LKS
- LCD Proyektor
- Laptop
Buku paket K13 revisi 2018
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan 1 Materi: Pembelahan Sel
Pendahuluan
a. Guru mengawali kegiatan pembelajaran dengan mengajak peserta didik untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena telah diberi kesempatan untuk lahir di dunia sehingga dapat melihat keindahan berbagai ciptaan-Nya.
b. Kemudian, guru menceritakan bahwa pada awalnya manusia hanya berasal dari satu sel (zigot). Sel tersebut selanjutnya mengalami pembelahan secara terus-menerus, sehingga pada saat manusia telah dewasa, jumlah seluruh sel yang ada di dalam tubuhnya sekitar 200 triliun. Berdasarkan pernyataan tersebut, kemudian peserta didik diminta untuk menjelaskan satu alasan mengapa sel mengalami pembelahan?
c. Guru menjelaskan tentang tiga alasan pentingnya sel mengalami pembelahan. Selanjutnya, peserta didik mempelajari bahwa pembelahan sel dibedakan menjadi dua, yaitu pembelahan mitosis dan pembelahan meiosis. Agar peserta didik dapat dengan mudah memahami pembelahan sel, peserta didik dapat mencermati Gambar 1.2 dan 1.3 yang terdapat pada Buku Siswa.
Kegiatan Inti
1.menggunakan metode diskusi atau pun dengan metode lainnya yang menurut guru sesuai dan memudahkan peserta didik untuk memahami materi ini.
2.peserta didik diarahkan untuk mencermati gambar tentang fase-fase pembelahan mitosis.
Struktur dan Fungsi Sistem Reproduksi pada Manusia
a. Agar dapat menarik perhatian peserta didik, guru dapat memulai materi ini dengan mengingatkan bahwa pada awalnya, manusia berasal dari satu sel. Akan tetapi, karena sel tersebut mengalami pembelahan, akibatnya jumlah sel manusia pada saat dewasa sekitar 200 triliun. Selanjutnya, selsel tersebut mengalami perubahan bentuk dan fungsi (berdiferensiasi). Selsel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama akan bergabung menjadi satu untuk membentuk suatu jaringan.
b. Peserta didik menceritakan kepada teman sebangkunya tentang hierarki kehidupan dari mulai sel hingga terbentuk individu.
c. Setelah peserta didik menceritakan hierarki kehidupan kepada teman sebangkunya, guru hendaknya mengarahkan peserta didik agar mengagumi keteraturan serta kompleksitas manusia sebagai salah satu makhluk ciptaan Tuhan. Selain itu, peserta didik juga diingatkan untuk senantiasa berterima kasih serta menghormati orang tua, terutama ibu, karena ibu telah mengandung kita selama sembilan bulan sepuluh hari, menyusui, memberi kasih sayang, mendidik, dan masih banyak lagipengorbanan dari ibu yang tidak dapat kita hitung.
d. Agar perasaan peserta didik benar-benar dapat tersentuh, guru juga dapat memutarkan video yang mengisahkan tentang perjuangan serta pengorbanan ibu atau ayah dalam membesarkan dan mendidik putraputrinya.
e. Selanjutnya, guru memberikan beberapa pertanyaan yang mengarahkan peserta didik memasuki materi Sistem Reproduksi pada Manusia. Berikut ini contoh pertanyaan yang dapat disampaikan oleh guru. 1) Bagaimana ibu dapat mengandung? 2) Apakah ibu dapat mengandung tanpa kehadiran ayah kita? Setelah peserta didik menjawab pertanyaanpertanyaan tersebut, guru memberikan penjelasan sebagai berikut. Ibu kita dapat mengandung karena adanya ayah. Dari pernikahan ayah dan ibu dihasilkan keturunan yaitu lahirnya kamu. Ayah dan ibu dapat mempunyai keturunan karena memiliki sistem reproduksi. Tanpa sistem reproduksi ini, maka niscaya kita tidak dapat lahir di dunia dan umat manusia akan punah.
Organ Reproduksi pada Laki-Laki
a. Guru dapat mengawali kegiatan pembelajaran dengan mengajak peserta didik menyelesaikan Aktivitas 1.1 Melengkapi Gambar Organorgan Penyusun Sistem Reproduksi pada Laki-Laki yang terdapat pada ftur ”Ayo, Kita Lakukan”. Sebelum peserta didik menyelesaikan tugas ini, guru dapat membimbing peserta didik untuk membentuk kelompok dengan anggota berjumlah 4 – 5 orang untuk setiap kelompok.
b. Pada tugas ini, peserta didik mengidentifkasi organ-organ penyusun sistem reproduksi pada laki-laki. Agar peserta didik dapat dengan mudah menyelesaikan tugas ini, hal pertama yang harus dilakukan peserta didik adalah mencermati Gambar 1.4 Organ-organ Penyusun Sistem Reproduksi pada Laki-Laki. Setelah itu, peserta didik membaca Tabel 1.1 Struktur dan Fungsi Organ-organ Penyusun Sistem Reproduksi pada Laki-laki. Setelah membaca Tabel 1.1, peserta didik dapat mengisi titik-titik yang terdapat pada Gambar 1.4 di Buku Siswa
c. Agar dapat menunjang ketercapaian Kompetensi Sikap Sosial, guru dapat mengingatkan peserta didik untuk membaca dan mencermati Tabel 1.1 dan melengkapi Gambar 1.4 dengan teliti dan cermat. Selain itu, guru juga perlu mengingatkan agar peserta didik bekerja sama dengan teman satu kelompoknya selama menyelesaikan tugas ini.
e. Selanjutnya, peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada ftur ”Ayo, Kita Pikirkan” tentang manfaat berkhitan. Selain itu, peserta didik juga membaca materi yang terdapat pada ftur ”Tahukah Kamu” yang berisi materi tentang fungsi hormon testosteron. Berkaitan dengan kedua tugas ini, apabila waktu tatap muka di kelas sangat terbatas, guru dapat meminta peserta didik menyelesaikannya di luar jam pelajaran.
f. Selanjutnya, peserta didik diberi tugas mencari informasi tentang fungsi zat-zat yang dihasilkan oleh vesikula seminalis. Peserta didik dapat mencari informasi terkait masalah tersebut dengan cara bertanya kepada orang yang ahli di bidangnya, membaca buku-buku di perpustakaan atau pun melalui internet. Apabila sebagian besar peserta didik mencari informasi melalui internet, hendaknya terlebih dahulu guru memberikan nasihat kepada peserta didik untuk memfokuskan pencarian informasinya pada materi yang dituju. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik dapat dengan bijaksana memanfaatkan internet, sehingga tidak menggunakan media ini untuk mencari informasi yang bersifat negatif dan tidak bermanfaat, misalnya hal-hal yang bersifat porno. Sebagaimana tugas sebelumnya, apabila waktu tatap muka di kelas sangat terbatas, guru dapat meminta peserta didik menyelesaikannya di luar jam pelajaran.
g. Peserta didik membaca materi yang terdapat pada ftur ”Tahukah Kamu?” yang berisi tentang kelainan Benign Prostatic Hyperplasia (BPH). Apabila waktu tatap muka di kelas sangat terbatas, guru dapat meminta peserta didik menyelesaikannya di luar jam pelajaran seperti beberapa tugas sebelumnya.
Spermatogenesis
a. Guru mengingatkan kembali tentang materi pembelahan sel, terutama berkaitan karakter atau sifat anakan hasil pembelahan. Guru dapat melakukan kegiatan ini dengan cara berdiskusi atau dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan kepada peserta didik.
b. Guru juga dapat mengajukan pertanyaan berikut ini untuk mengawali materi ini. Masih ingatkah kamu di mana terjadi proses pembentukan sperma? Nah, proses apakah yang sebenarnya terjadi di dalam organ tersebut sehingga dapat terbentuk sperma?
c. Seperti materi pembelahan sel, guru dapat memberikan materi ini dengan diskusi kelas. Agar peserta didik dapat dengan mudah memahami materi spermatogenesis, peserta didik dapat mencermati Gambar 1.5 yang terdapat pada Buku Siswa. Selanjutnya, guru memberikan kesempatan dan motivasi kepada peserta didik agar bertanya tentang spermatogenesis.
d. Peserta didik menyelesaikan tugas yang terdapat pada ftur ”Ayo, Kita Diskusikan”. Pada tugas ini, peserta didik diminta untuk menjelaskan tujuan dari diciptakannya kepala sperma yang meruncing pada bagian depannya. Selain itu, peserta didik juga diminta untuk menjelaskan fungsi bagian ekor sperma. Sebagaimana tugas sebelumnya, apabila waktu tatap muka di kelas sangat terbatas, tugas ini dapat diselesaikan di luar jam pelajaran.
2. Pertemuan 2 dan seterusnya bisa dilihat di file aslinya, silahkan langsung mendownloadnya....
Demikian tadi beberapa cuplikan sebagian isi dari file RPP IPA Kelas 9 SMP Semester 1 K13 revisi 2018 yang telah kami bagikan. Anda bisa langsung mengunduh file tersebut, dan membukanya di komputer dengan menggunakan password di bawah ini:
password: www.SekolahSD.web.id
Link Download:
Sumber http://www.arsipguru.web.id/