Silabus IPA SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2017/2018
Tuesday, October 30, 2018
Edit
Silabus IPA SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2017/2018. Pada artikel yang berjudul tentang Silabus Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI Kurikulum 2013 (K13) Revisi Terbaru Tahun ajaran 2017/2018 ini kami akan bagikan file Silabus tersebut kepada para pengunjung web SekolahSD.web.id, Selain itu anda juga dapat melihat gambaran umum dan cuplikan Isi Silabus IPA untuk jenjang SD/MI yang menggunakan K13 revisi terbaru ini. Semoga file yang kami bagikan ini bisa bermanfaat buat para guru-guru di sekolah dasar yang membutuhkannya.
Mendekati pelajaran pada Semester 1 (Ganjil) atau Semester 2 (Genap) Para Guru di sekolah dasar yang akan mengajar diharuskan membuat perangkat pembelajaran IPA yang terdiri dari PROSEM, PROTA, Silabus dan RPP. Maka dari itu, silabus ini dapat dijadikan acuan dalam pembuatan RPP tersebut.
Berikut ini merupakan gambaran umum dan cuplikan isi dari Silabus IPA SD/MI Kurikulum 2013 Revisi Terbaru 2017/2018.
SILABUS MATA PELAJARAN IPA
SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI)
SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI)
I. PENDAHULUAN
IPA atau sains adalah upaya sistematis untuk menciptakan, membangun, dan mengorganisasikan pengetahuan tentang gejala alam. Upaya ini berawal dari sifat dasar manusia yang penuh dengan rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu ini kemudian ditindaklanjuti dengan penyelidikan dalam rangka mencari penjelasan yang paling sederhana namun akurat dan konsisten untuk menjelaskan dan memprediksi gejala-gejala alam. Penyelidikan ini dilakukan dengan mengintegrasikan kerja ilmiah dan keselamatan kerja yang meliputi kegiatan mengamati, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merancang percobaan, mengumpulkan data, menganalisis, akhirnya menyimpulkan dan memberikan rekomendasi, serta melaporkan hasil percobaan secara lisan maupun tulisan.
Hasil dari penyelidikan ini umumnya membawa ke pertanyaan lanjutan yang lebih rinci, lebih rumit, dan memerlukan upaya yang lebih keras untuk menyelidikinya. Kegiatan penyelidikan ini memerlukan teknologi yang sesuai, yang umumnya berupa teknologi terkini yang ada. Di lain pihak, dari kegiatan penyelidikan pada akhirnya dihasilkan teknologi yang lebih baru. Dengan demikian, IPA sangat layak sebagai wahana untuk penumbuhan dan penguatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terus-menerus pada diri peserta didik pada berbagai jenjang pendidikan. Melalui pembelajaran IPA yang meliputi kerja ilmiah, makhluk hidup dan proses kehidupan, zat dan sifatnya, energi dan perubahannya, bumi dan antariksa, serta keterkaitan antara sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat, peserta didik dapat mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilannya.
Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapaiannya (measurable); bermakna (meaningfull); dan bermanfaat untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.
Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.
Pembelajaran di SD/MI dari Kelas I sampai dengan Kelas VI dilaksanakan sebagai pembelajaran tematik terpadu. Silabus Tematik Terpadu SD/MI telah disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah. Namun demikian, bagi guru yang ingin menyusun sendiri pembelajaran tematik terpadu, dapat menggunakan dokumen Silabus Mata Pelajaran IPA SD ini dan silabus mata pelajaran lainnya di SD sebagai acuan.
Kompetensi yang diharapkan dimiliki peserta didik setelah mengikuti pembelajaran IPA di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, untuk kelas rendah dan kelas tinggi, terlihat dibawah ini:
SD Kelas I-III (Kelas Rendah)
1. Menjalani kehidupan dengan sikap positif dengan daya pikir kritis, kreatif, inovatif, dan kolaboratif, disertai kejujuran dan keterbukaan
2. Memahami fenomena alam di sekitarnya, berdasarkan hasil pembelajaran sains melalui bidang IPA di lingkungan sekitarnya
3. Mengenal produk atau cara yang masuk akal dengan prinsip-prinsip sains
4. Mengambil keputusan di antara berbagai pilihan berdasarkan pengamatan
5. Menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam kehidupannya dengan memilih di antara cara-cara yang telah dikenal manusia
6. Mengenal peran sains dalam memecahkan permasalahan dirinya
7. Mengenal perkembangan teknologi dan perubahan lingkungan
SD Kelas IV-VI (Kelas Tinggi)
1. Menjalani kehidupan dengan sikap positif dengan daya pikir kritis, kreatif, inovatif, dan kolaboratif, disertai kejujuran dan keterbukaan, berdasarkan potensi proses dan produk sains
2. Memahami fenomena alam di sekitarnya, berdasarkan hasil pembelajaran sains melalui bidang IPA dan lingkungan sekitarnya
3. Mengenal produk atau cara yang masuk akal dengan prinsip-prinsip sains
4. Mengambil keputusan di antara berbagai pilihan berdasarkan pengamatan dan pertimbangan ilmiah
5. Menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam kehidupannya dengan memilih di antara cara-cara yang telah dikenal manusia berdasarkan pengetahuan yang telah dimilikinya
6. Mengenal peran sains dalam memecahkan permasalahan sehari-hari di lingkungan sekitarnya
7. Mengenal perkembangan teknologi dan perubahan lingkungan sebagai dampak perkembangan sains
Kerangka pengembangan Kompetensi Dasar (KD) IPA mengacu pada Kompetensi Inti (KI) sebagai unsur pengorganisasi KD secara vertikal dan horizontal. Organisasi vertikal KD berupa keterkaitan KD antar kelas harus memenuhi prinsip belajar, yaitu terjadi suatu akumulasi yang ber-kesinambungan antar kompetensi yang dipelajari peserta didik. Organisasi horizontal berupa keterkaitan antara KD suatu mata pelajaran dengan KD mata pelajaran lain dalam satu kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat. Pengembangan kompetensi dasar berdasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal). Semua kompetensi dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai KI.
Kompetensi Inti terdiri atas 4 (empat) aspek, yaitu: KI-1 (sikap spiritual), KI-2 (sikap sosial), KI-3 pengetahuan, dan KI-4 (keterampilan). KD Sikap Spiritual dan KD Sikap Sosial pada Mata Pelajaran IPA tidak dirumuskan, tetapi hasil pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) dari pengetahuan dan keterampilan, sehingga perlu direncanakan pengembangannya. KI-3 pengetahuan dan KI-4 keterampilan dirinci lebih lanjut dalam KD mata pelajaran. Pengembangan KD tidak dibatasi oleh rumusan Kompetensi Inti (KI), tetapi disesuaikan dengan karakteristik mata pelajaran, kompetensi, lingkup materi, psikopedagogi. Namun demikian, perumusan KD harus mengacu ke Kompetensi Inti. Kompetensi Inti SD/MI kelas IV, V, dan VI
Kelas IV
KI-1: Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI-3: Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kelas V
KI-1: Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
KI-3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4: Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kelas VI
KI-1: Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI-2: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
KI-3: Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
KI 4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN,
DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN
A. Kelas IV
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
4.1Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
3.2 Memahami siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitar dan upaya pelestariannya
4.2 Membuat skema siklus hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan slogan upaya pelestariannya
Materi Pembelajaran
Hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
• Bagian tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
• Hubungan antara bentuk bagian tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
Siklus hidup makhluk hidup dan upaya pelestariannya.
• Pengertian siklus hidup
• Metamorfosis sempurna
• Metamorfosis tidak sempurna
• Upaya pelestarian beberapa makhluk hidup di lingkungan sekitar.
Kegiatan Pembelajaran
• Mengamati dan mengidentifikasi bagian hewan dan tumbuhan di sekitar.
• Menghubungkan hasil pengamatan dan identifikasi dengan fungsi bagian-bagian hewan dan tumbuhan.
• Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan.
• Mengamati dan mengidentifikasi proses siklus hidup pada beberapa hewan yang mengalami metamorfosis di sekitar.
• Mendiskusikan hubungan proses metamorfosis hewan dengan fungsinya di alam serta upaya pelestariannya.
• Menampilkan hasil karya skema siklus hidup beberapa hewan yang ada di lingkungan sekitar serta slogan pelestarian hewan dan tumbuhan di dinding kelas atau sekolah.
B. Kelas V
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia atau hewan
Materi Pembelajaran
Alat Gerak Manusia dan Hewan
• Rangka manusia.
• Rangka hewan.
• Fungsi rangka.
• Cara merawat rangka.
Kegiatan Pembelajaran
• Mengamati rangka pada tubuh diri sendiri dan gambar/model/ rangka asli beberapa jenis hewan.
• Mendiskusikan fungsi rangka pada manusia dan hewan.
• Mencari informasi dari berbagai sumber tentang jenis penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada rangka.
• Mendiskusikan pentingnya menjaga kesehatan rangka.
• Menampilkan hasil proyek model sederhana alat gerak manusia atau hewan di kelas.
C. Kelas VI
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran/minggu
Kompetensi Dasar
3.1 Memahami cara perkembang-biakan tumbuhan dan hewan
4.1 Menyajikan karya perkembangbiakan tumbuhan
Materi Pembelajaran
Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan
• Perkembangbiakan hewan
• Perkembangbiakan tumbuhan
Kegiatan Pembelajaran
• Mengamati perkembangan dan pertumbuhan hewan secara langsung/ gambar/ video serta beberapa jenis buah lokal yang ada disekitarnya.
• Mencari informasi tentang tentang cara perkembangbiakan hewan (ovIPAr, vivIPAr, ovovivIPAr) dan tumbuhan (seksual dan aseksual) lalu mengelompokkan hewan dan tumbuhan berdasarkan cara perkembangbiakannya yang ada di sekitar sekolah/rumah.
• Melakukan percobaan menanam biji kacang hijau/ kacang tanah/padi/jagung dan mengamati pola pertumbuhannya atau pembiakkan tanaman menggunakan cara aseksual (stek, cangkok, dan sebagainya).
• Menampilkan laporan hasil penanaman biji kacang hijau/ kacang tanah/padi/jagung atau pembiakan tanaman menggunakan cara selain biji.
Download Juga: Kumpulan Silabus SD/MI K13 Revisi Terbaru 2017/2018Itulah tadi beberapa cuplikan isi Silabus Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SD/MI Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan kurikulum 2013 (K13) Revisi terbaru. Anda bisa mendownload Silabus lengkap dan utuhnya pada link download yang sudah kami sediakan di bawah ini:
Link Download: