Rangkuman Materi Pelajaran IPA SD/MI Kelas 3 Semester 1 dan 2
Friday, October 26, 2018
Edit
Rangkuman atau ringkasan materi pelajaran IPA untuk SD kelas 3 lengkap yang terdiri dai semester 1 dan 2. Rangkuman materi IPA ini di ambil dari setiap BAB pada mata pelajaran IPA SD Kelas 3 berdasarkan kurikulum KTSP 2006. Rangkuman atau ringkasan ini bertujuan untuk mempermudah mengingat kembali setiap materi yang di pelajari di sekolah dari setiap BAB nya.
Rangkuman Materi IPA Kelas 3 SD/MI - Dengan rangkuman ini diharapkan setiap siswa lebih giat dan semangat belajar IPA. Berikut ringkasan materi IPA SD kelas 3 Selengkapnya.
BAB I Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup
Rangkuman Materi IPA Kelas 3 SD/MI - Dengan rangkuman ini diharapkan setiap siswa lebih giat dan semangat belajar IPA. Berikut ringkasan materi IPA SD kelas 3 Selengkapnya.
BAB I Ciri-ciri dan Kebutuhan Makhluk Hidup
- Makhluk hidup terdiri atas manusia, hewan, dan tumbuhan.
- Makhluk hidup memiliki ciri-ciri antara lain: bergerak, tumbuh,berkembang biak, dan menanggapi rangsang.
- Gerak pada makhluk hidup tidak sama. Hal ini tergantung cara dan tempat hidupnya.
- Manusia dan hewan dapat bergerak berpindah tempat. Ini disebut gerak aktif.
- Gerakan pada tumbuhan tidak mengakibatkan tumbuhan berpindah tempat. Ini disebut gerak pasif.
- Makhluk hidup tumbuh artinya bertambah besar.
- Makhluk hidup berkembang biak dengan cara yang berbeda-beda.
- Manusia berkembang biak dengan cara melahirkan.
- Hewan berkembang biak dengan cara bertelur atau melahirkan.
- Tumbuhan berkembang biak dengan cara alami (biji dan tunas), atau secara buatan (cangkok, setek, dan okulasi)
- Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah agar dapat melestarikan jenisnya.
- Makhluk hidup dapat menanggapi rangsang
- Manusia dan hewan menanggapi rangsang dengan alat indera.
- Tumbuhan menanggapi rangsangan cahaya matahari. Ada tumbuhan yang peka terhadap rangsangan sentuhan, misalnya tumbuhan putri malu.
- Semua makhluk hidup memiliki kebutuhan yang sama. Kebutuhan itu antara lain: air, makanan, udara, dan cahaya.
- Hewan dan manusia memerlukan air untuk minum. Tumbuhan memerlukan air untuk memasak makanan. Makanan itu digunakan sebagai tenaga.
- Makanan manusia berasal dari hewan dan tumbuhan.Makanan hewan ada yang berasal dari tumbuhan. Ada pula yang berasal dari hewan lain.
- Makhluk hidup memerlukan udara untuk bernapas.
- Tumbuhan banyak terdapat di sekitar kita. Ada tumbuhan berbunga dan ada yang tidak berbunga.
- Bagian-bagian tumbuhan antara lain akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.
- Berdasarkan tempat hidupnya, hewan dibedakan menjadi tiga kelompok. Yaitu hewan darat, hewan air, dan hewan yang dapat hidup di darat dan di air.
- Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan.
- Pertumbuhan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya tidak sama.
- Pertumbuhan ditandai oleh perubahan tinggi, besar, dan berat.
- Pertumbuhan yang sehat karena makan cukup dan teratur.
- Kartu Menuju Sehat (KMS) berguna untuk mengetahui tingkat pertumbuhan anak.
- Agar bayi tumbuh sehat, perlu ASI, makanan tambahan, imunisasi, dan penimbangan secara teratur.
- Pertumbuhan tanaman juga memerlukan perawatan secara teratur.
- Perawatan tanaman dengan cara penyiraman, pemupukan, dan pemberantasan hama.
- Hewan memerlukan makanan yang cukup dan teratur untuk pertumbuhan.
- Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada di sekitar makhluk hidup.
- Lingkungan mempengaruhi kehidupan makhluk hidup yang tinggal.
- Untuk kelangsungan hidupnya, makhluk hidup memerlukan lingkungan yang sehat.
- Lingkungan yang sehat adalah lingkungan di mana udara, air, dan keadaan tanahnya bersih (tidak tercemar).
- Lingkungan yang tidak sehat adalah lingkungan di mana udara, air, dan keadaan tanahnya telah tercemar.
- Pencemaran udara disebabkan oleh:
- buangan industri;
- kendaraan bermotor;
- bau yang tidak sedap.
- Pencemaran air disebabkan oleh limbah industri dan rumah tangga. Limbah tersebut mengalir lewat selokan dan sungai.
- Pencemaran tanah disebabkan oleh sampah plastik dan bahanbahan kimia yang lain.
- Agar lingkungan yang sehat dapat tercipta, maka kebersihan lingkungan harus tetap dijaga.
- Di sekitar kita terdapat benda padat, benda cair, dan benda gas.
- Benda padat memiliki bentuk dan ukuran yang tetap. Meskipun dipindahkan dari suatu tempat ke tempat yang lain.
- Kekerasan dan kerapatan tiap-tiap benda padat tidak sama.
- Benda cair memiliki bentuk yang berubah-ubah. Bentuknya mengikuti bentuk wadahnya, namun isinya tetap.
- Benda cair selalu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah.
- Air dan sirup merupakan benda cair. Air merupakan zat tunggal. Sedangkan sirup merupakan campuran.
- Benda gas misalnya udara, dan asap kendaraan bermotor.
- Benda gas selalu mengisi seluruh ruangan yang ditempatinya.
- Benda gas bentuk dan ukurannya (volumenya) selalu berubahubah
- Benda dapat mengalami perubahan. Perubahan terjadi karena pemanasan, pendinginan, dibakar, dan dibiarkan di udara terbuka.
- Perubahan benda berupa:
- perubahan bentuk,
- perubahan ukuran,
- perubahan warna,
- perubahan rasa, dan
- perubahan wujud.
- Akibat perubahan, keadaan benda berbeda dengan keadaan sebelumnya. Misalnya: Lilin semula padat, setelah dipanaskan berubah menjadi cair.
- Di sekitar kita terdapat berbagai macam benda. Benda-benda itu terbuat dari bahan yang berbeda-beda.
- Setiap benda mempunyai kegunaan yang berbeda-beda. 3. Kegunaan benda sesuai dengan bahan pembuatnya.Misalnya:
- kertas untuk tempat menulis;
- kulit hewan untuk membuat sepatu, tas, dan jaket.
- Penggunaan benda yang tidak sesuai dengan peruntukannya, benda itu cepat rusak.
- Ada beberapa jenis gerak benda. Misalnya menggelinding, jatuh, melambung, memantul, dan berputar.
- Gerak benda dipengaruhi beberapa faktor. Antara lain banyaknya energi, bentuk benda, ukuran benda, dan permukaan benda.
- Benda yang permukaannya licin lebih mudah bergerak.
- Bola mudah bergerak karena bentuknya bulat.
- Gerak benda dimanfaatkan untuk memudahkan usaha atau pekerjaan.
- Kebutuhan energi setiap orang tidak sama. Kebutuhan energi tergantung usia, jenis kelamin, dan aktivitas atau kegiatan yang dilakukan.
- Energi memiliki bermacam-macam bentuk. Misalnya: energi gerak, energi otot, energi kimia, energi panas, energi cahaya, energi listrik, dan energi bunyi.
- Uap merupakan salah satu bentuk energi. Energi yang dihasilkan disebut energi uap.
- Sumber-sumber energi misalnya makanan, sinar matahari, bahan bakar, listrik, angin, air, kayu bakar, dan batu baterai.
- Kita harus hemat menggunakan energi. Karena sumber energi kita terbatas.
- Menghemat energi listrik dapat dilakukan dengan cara:
- menggunakan lampu redup ketika mulai tidur, mematikan lampu jika tidak dipakai, mematikan televisi saat tidak ditonton, dan segera mematikan lampu listrik ketika hari mulai pagi.
- Bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat ditempati manusia.
- Permukaan bumi tidak rata.
- Permukaan bumi terdiri atas daratan dan lautan.
- Daratan adalah bagian permukaan bumi yang lebih tinggi dari permukaan air laut.
- Benua adalah daratan yang sangat luas.
- Pulau adalah daratan yang lebih sempit dari benua. Gugusan pulau disebut kepulauan.
- Samudera adalah laut yang sangat dalam dan luas.
- Selat adalah laut sempit yang dibatasi oleh dua daratan.
- Palung adalah dasar laut yang curam dan dalam.
- Laut yang menjorok ke darat disebut teluk.
- Daratan yang menjorok ke laut disebut tanjung atau semenanjung.
- Bentuk bumi adalah bulat pepat seperti bola.
- Cuaca adalah keadaan udara di suatu tempat pada jangka waktu tertentu.
- Meramal cuaca dengan cara mengamati unsur-unsur cuaca. Unsur-unsur cuaca adalah suhu udara, tekanan udara, kelembapan udara, curah hujan, keadaan awan, dan keadaan angin.
- Ramalan cuaca bermanfaat bagi petani, nelayan, dan lalu lintas udara (penerbangan).
- Cuaca mempengaruhi kegiatan manusia. Juga mempengaruhi pakaian yang dikenakan.
- Manusia memanfaatkan sumber daya alam.
- Sumber daya alam meliputi:
- sumber daya alam hewani,
- sumber daya alam nabati (tumbuhan),
- dan sumber daya alam benda tak hidup.
- Sumber daya alam hewani dimanfaatkan untuk:
- bahan pangan,
- bahan pakaian,
- penghasil bahan kerajinan,
- ddan dimanfaatkan tenaganya.
- Sumber daya alam nabati (tumbuhan) dimanfaatkan untuk:
- bahan pangan,
- bahan pakaian,
- bahan bangunan,
- bahan pembuatan perabotan rumah tangga,
- penghasil oksigen.
- Sumber daya alam benda tak hidup meliputi:: air, bahan tambang, batuan dan sebagainya.
- Sumber daya alam terbatas jumlahnya.Karena itu pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti dengan usaha pelestariannya.
Lihat juga : Buku Paket SD Kelas 3 Kurikulum KTSP 2006 LengkapSemoga ringkasan materi IPA SD/MI kelas 3 lengkap berdasarkan kurikulum KTSP 2006 dapat memberikan manfaat yang baik dalam dunia pendidikan. Baca juga : Rangkuman PKn Kelas 3 SD/MI. Terima Kasih